Siapa sih Kanye West?

Posted on February 1, 2011

0


Lihat-lihat dan ternyata ada yang muncul tentang Kanye West? kurang paham tentang dia dan mungkin di luar negeri terkenal. Apalagi kalau untuk jenis musik rap. Musik rap juga sudah cukup disukai di Indonesia. Tak ada salahnya mengenal meski beda genre.

Kanye West sempat kesulitan menjual musik rap karena dianggap sebagai musik jalanan. Ia tak menyerah dengan menjajal tawaran sebagai produser untuk batu loncatan.

KANYE WEST

Profil

Nama: Kanye WestTanggal lahir: 8 Jun 1977
Status: SingleZodiak: Gemini
Lahir di: Atlanta, Georgia


Kanye Omari West populer sebagai Kanye West. Ia mulai meraih popularitas setelah menjadi produser rekaman di Roc-A-Fella Records. Ia meraih banyak apreasi saat memprodusei album Jay-Z, The Blueprint(2001).

Roc-A-Fella Records merupakan sebuah perusahaan rekaman milik rapper ternama Jay Z, yang bernaung di bawah Universal Music Group. Perusahaan ini fokus memproduksi musik-musik beraliran hip-hop dan R&B.

Selain Jay-Z, West juga memproduseri Alicia Keys, Ludacris, dan Janet Jackson. Kerja kerasnya di albumThe Blueprint bisa disimak melalui single Izzo (H.O.V.A.), dan Heart of the City (Ain’t No Love). Berbagai sanjungan yang ia raih mengantarnya menjadi produser musik hip-hop papan atas.

Namun, sukses itu bagai dilema bagi West. Popularitasnya sebagai produser musik rekaman justru membuatnya sulit mewujudkan mimpi menjadi seorang rapper. Roc-A-Fella Records menolak karena publik lebih mengenalkan sebagai produser. Sementara perusahaan lainnya menganggap musik rap yang identik dengan musik jalanan tidak terlalu menjual.

Baru pada Februari 2004, setelah berhasil meyakinkan pejabat Roc-A-Fella Records, ia meluncurkan debut albumnya, The College Dropout. Tak disangka, album itu mendapat sambutan positif di masyarakat dan menuai keuntungan secara komersial. Album itu menyabet sedikitnya tiga platinum.

Dia mempersiapkan album itu sejak 2002. Single perdananya yang termuat dalam album itu, Through the Fire, terinspirasi dari sebuah kecelakaan mobil yang ia alami pada Oktober 2002, sepulang dari studio Roc-A-Fella Records. Sementara sejumlah lagu menunjukkan sosoknya yang cukup religius seperti lagu Jesus Walks.

Demi memberikan sentuhan lain pada album keduanya, ia berkolaborasi dengan komposer Jon Brion. Usahanya tak sia-sia. Album bertajuk Late Registration yang diluncurkan pada 30 Agustus 2005 itu, menjadi album terbaik sepanjang tahun, menurut USA Today, Spin, dan Time.

Majalah Rolling Stone menempatkan album itu di posisi puncak di deretan album terbaik di penghujung tahun. Di pekan pertama peluncurannya, album itu mampu meraup penjualan 860 ribu kopi dan menduduki posisi puncak tangga lagu Billboard 200. Di penghujung tahun, angka penjualan melonjak 2,3 juta kopi khusus di Amerika Serikat.

Album peraih 3 kali platimum itu mengantar West meraih 8 nominasi penghargaan Grammy. Dua kategori di antaranya adalah album terbaik dan lagu terbaik untuk Gold Digger.

Pada 11 September 2007, ia meluncurkan album ketiganya. Ia sengaja memajukan peluncurkan album berjudul Graduation itu dari tanggal semula 18 September 2007 agar berbarengan dengan peluncuran album 50 Cent’s, Curtis. Dengan meraih dobel platinum, Graduation berhasil mengalahkan Curtis.

Lewat Graduatin, ia kembali meraih delapan nominasi Grammy. Empat kategori di antaranya menang, termasuk album rap terbaik, dan penampilan solo rap terbaik lewat single Stronger yang termuat dalam album itu.

West semakin menunjukkan kekuatan di jalur musik rap dengan peluncuran album keempatnya 808s & Heartbreak. Album yang diluncurkan pada 24 November 2008 itu meraih sukses yang sama seperti tiga album terdahulunya, termasuk 12 nominasi penghargaan Grammy. Album itu mengandalkan single Love Lockdown.

Sebelum akhirnya memutuskan fokus berkarier di dunia musik, West sempat mengenyam pendidikan di American Academy of Art dan Chicago State University.

Pria kelahiran Atlanta, 8 Juni 1977, itu tumbuh di tengah keluarga broken home. Orangtuanya bercerai saat ia berusia 3 tahun. Ia lalu tinggal bersama ibunya di Illinois. Ayahnya, Ray West, adalah jurnalis foto kulit hitam pertama yang bekerja di Atlanta Journal-Constitution. Ibunya, Donda West, seorang Profesor Sastra Inggris di Clark Atlanta University.

Di tengah popularitasnya sebagai penyanyi rap dan produser rekaman, ia merambah dunia bisnis dengan membangun perusahaan KW Foods LLC yang mengelola sejumlah gerai makan ‘Fatburger’. Ia juga mengembangkan minatnya di dunia fashion dengan menggandeng sejumlah merek ternama seperti Nike, dan Luois Vuitton. Pada 2009, ia meresmikan rumah busana Past Tell.

Ia juga pemilik perusahaan rekaman Good Music. Perusahaan yang bernaung di bawah Sony Music Intertainment itu berdiri pada 2004. Perusahaan rekaman itu melahirkan sejumlan penyanyi kondang seperti John Legend, Common, Consequence, dan Tony Williams.

Popularitas dan kekayaan berhasil menggugah kepekaan West. Melalui Kanye West Foundation yang ia dirikan pada 2003, ia terlibat dalam berbagai aksi sosial untuk membantu anak-anak keturunan Amerika Latin dan Afrika mendapatkan pendidikan layak hingga perguruan tinggi. Yayasan amal ini juga sering disebut dengan nama sang bunda, Donda West Foundation.

Namun, semua kesuksesan yang diraih tak membuat West mudah menentukan pasangan hidup. Memasuki usia 32 tahun, ia belum memutuskan menikah. Sebelum berpacaran dengan seorang model bernama Amber Rose, ia terendus publik menjalin kasih dengan dua wanita bernama Alexis, yaitu model Alexis Rainey, dan perancang busana, Alexis Phifer.

Posted in: selebriti 3