Rencana jadi fakta, Edhie Baskoro Yodhoyono dengan Aliya Rajasa

Posted on April 27, 2011

0


Apa yang dirasakan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa ketika akan menjadi calon besan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono? “Bapak Presiden juga kan manusia biasa. Begitu juga saya,” kata Hatta. “Jadi ya sewajarnya saja, manusia biasa juga.”

Yang Dirasakan Hatta Setelah Berbesanan dengan Presiden

RABU, 27 APRIL 2011 | 01:05 WIB

TEMPO/ Imam Yunni

Hatta menegaskan itu usai prosesi upacara pinangan Edhie Baskoro Yudhoyono, putra bungsu Presiden Yudhoyono, kepada putrinya, Siti Ruby Aliya Rajasa, Selasa (26/4) malam. Ikut mendampingi Ketua Umum Partai Amanat Nasional itu dalam pertemuan dengan para wartawan di antaranya Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan.

Hatta menyebutkan tidak ada acara adat khusus yang mewarnai prosesi tunangan tersebut. Hanya, saat prosesi berlangsung, sempat diwarnai lempar sirih dan berbalas pantun. Kegiatan ini pun dianggapnya sebagai adat yang umum dilakukan masyarakat Indonesia.

Proses pinangan berlangsung selama sekitar 2 jam. Keluarga Hatta pun menyambut baik pinangan itu dan menerimanya. “Pinangan tersebut kami terima. Suasana sesuai dengan adat istiadat dan berlangsung dengan baik, tidak ada halangan,” kata Hatta.

Soal kapan tanggal pernikahan, Hatta mengatakan masih akan dibicarakan kembali. Namun, ia menyatakan sudah ada ancer-ancer setelah Aliya menyelesaikan pendidikan masternya pada Juli. Soal bulan November bertepatan dengan hari lahir Ibas, ia enggan menjawab.
“Ancer-ancernya setelah Aliya menyelesaikan masternya di bulan Juli,” katanya.

Banyak kalangan menafsirkan proses pinangan ini tak ubahnya “ikatan politik” antara Partai Demokrat dan PAN. Bahkan, Juru Bicara Demokrat Ruhut Sitompul menyebut kekerabatan baru lewat hubungan Edhie Baskoro yang juga Sekretaris Jenderal Partai Demokrat dengan Aliya yang putri Ketua Umum PAN adalah awal bergabungnya 2 partai itu.

Namun, Menteri Hukum dan HAM yang juga politisi PAN Patrialis Akbar menegaskan bahwa partainya akan tetap bersaing dengan Demokrat dalam pemilu 2014 mendatang. “Ada masa bertanding, ada masa bersanding. Sekarang saatnya kita bersanding,” kata Patrialis. “Saat bertanding nanti ya masing-masing bertanding, dong.”

————————

Lempar Sirih dan Pantun Warnai Lamaran Aliya Rajasa

RABU, 27 APRIL 2011 | 00:24 WIB
foto
TEMPO InteraktifJakarta – Seperti apa prosesi lamaran Edhie Baskoro Yudhoyono kepada Siti Ruby Aliya Rajasa, putri Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa? Prosesi yang berlangsung selama 2 jam di kediaman pribadi Hatta, Kompleks Fatmawati Golf Mansion,

Jakarta Selatan, Selasa (26/4) malam ini sempat diwarnai lempar sirih dan berpantun. “Sesuatu yang lazim. Anak-anak ini, adalah kebanggaan kami,” kata Hatta Rajasa kepada wartawan.

Prosesi itu sendiri selesai menjelang pukul 23.00 WIB. Didampingi Ibu Negara Kristiani Herawati, Presiden Yudhoyono yang memimpin rombongan keluarga besarnya langsung pulang. Sesaat sebelum mobilnya keluar kompleks, Presiden sempat membuka pintu jendela. “Alhamdullillah, semua berjalan lancar. Terima kasih.”

Menurut Hatta, kunjungan keluarga Presiden dalam rangka pinangan kepada putrinya berlangsung lancar dan khitmat. Digelar dengan adat Palembang, keluarga Hatta menyambut baik pinangan itu dan menerimanya. “Kami menerima pinangan itu,” kata Hatta. “Suasana sesuai dengan adat istiadat dan berlangsung dengan baik, tidak ada halangan.”

Soal kapan pastinya tanggal pernikahan, Hatta mengatakan masih akan dibicarakan lagi. Yang jelas, ancer- ancernya setelah Aliya menuntaskan kuliah masternya di Inggris, Juli nanti. Ketika ditanya apakah berlangsung November nanti, bersamaan dengan ulang tahun Ibas, Hatta enggan menjawab. “Ancer-ancernya setelah Aliya menyelesaikan masternya di bulan Juli,” katanya lagi.

————————-

Aliya Sempat Degdegan Menanti Lamaran

RABU, 27 APRIL 2011 | 00:54 WIB
TEMPO InteraktifJakarta – Siti Ruby Aliya Rajasa, 25 tahun, tak akan pernah melupakan malam ini. Saat umurnya tepat seperempat abad, ia memulai saat penting dengan menerima pinangan Edhie Baskoro Yudhoyono, putri bungsu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Meski sudah pacaran lama dengan Ibas, Aliya toh masih tetap saja merasa dek-dekan. “Dia tak bisa menyembunyikan rasa cemasnya,” tutur Marlen Hariman, penata rias yang mendandani Aliya, sesaat sebelum prosesi.

Begitu cemasnya dengan prosesi, tutur Marlen, Aliya tak berkata sepatah pun saat dirinya mulai dirias. Ia bahkan tidak menyentuh makanan yang dihidangkan. “Terlihat dia excited banget dengan acara ini.”

Mengenakan kebaya hijau dan bersanggul modern, tutur Marlen, Aliya terlihat cantik. Riasanya pun tak begitu tebal.

Prosesi lamaran selama 2 jam di kediaman Hatta Rajasa, Fatmawati Golf Mansion, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (26/4) malam ini, dimulai dengan kata sambutan dari kedua belah pihak keluarga Hatta Rajasa dan Susilo Bambang Yudhoyono. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan doa sebelum memasuki acara inti. “Adat yang digunakan bernuansa nasional, modern,” ujar Marlen yang pernah merias artis Dian Sastrowardoyo.

Acara itu berlangsung tertutup. Wartawan hanya diperkenankan mengabadikan peristiwa itu dari sebuah rumah yang letaknya tepat di depan gerbang kompleks tersebut.

——————————

Aliya Mungkin Menikah Setelah Lulus Master

SELASA, 26 APRIL 2011 | 23:20 WIB
foto

Suasana acara lamaran Edhie Baskoro Yudhoyono dan Siti Ruby Aliya Rajasa di kediaman Hatta Rajasa (26/4). Rumgapres/Anung

TEMPO InteraktifJakarta – Pernikahan putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono, dengan putri Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Siti Ruby Aliya Rajasa, kemungkinan digelar usai Aliya menyelesaikan pendidikan masternya. Aliya sendiri rencananya bakal mendapat gelar master pada Juli.

Hatta Rajasa mengatakan tanggal pernikahan putrinya dengan Edhie Baskoro akan dibicarakan kembali setelah kedua keluarga bertemu di rumah Hatta Rajasa di kompleks Fatmawati Golf Mansion, Selasa malam, 26 April 2011. “Ancer-ancernya setelah Aliya menyelesaikan masternya di bulan Juli,” katanya.

Ketika ditanya apakah pernikahan akan digelar November atau bertepatan dengan hari lahir Edhie Baskoro, Hatta enggan menjawab.

Presiden Yudhoyono malam ini mendatangi kediaman Hatta Rajasa dalam rangka pinangan kepada Siti Ruby Aliya Rajasa untuk Edhie Baskoro Yudhoyono.

Presiden didampingi Ibu Negara Kristiani Herawati yang sedang menggendong cucu mereka, Aira Tungga Dewi. Presiden menggunakan baju batik warna cokelat dan Ibu Ani Yudhoyono mengenakan kebaya cokelat keemasan. Kunjungan keluarga Presiden ini dalam rangka pinangan kepada Siti Ruby Aliya Rajasa untuk Edhie Baskoro Yudhoyono.

Posted in: berita 4