Inikah menikmati usia senja/tua?

Posted on November 26, 2011

2


Inikah yang disebut menikmati usia tua atau senja? saya rasa bukan sama sekali. Sebagian ada yang menikmati hari-hari tuanya dengan bahagia, bisa pensiun dan diperhatikan. Namun hal demikian tidak selamanya berlaku untuk semua orang. Mungkin ini adalah sebagian contoh dari profil orang jompo atau Usia tua renta   yang mengalami indahnya masa tua. Sudah tua renta, tertimpa tangga pula!

Wagiman Obati Luka dengan Minyak Tanah  

Yuda Widyawarsa

 

Liputan6.com, Banyuwangi: Wagiman (85), warga Desa Jambe Wangi, Sempu, Banyuwangi, Jawa Timur, hanya bisa duduk di teras rumah sederhananya. Sejak lima tahun lalu, jari jempol kaki kanan kakek renta itu mengalami infeksi dan mengeluarkan belatung. Bahkan jari jempol kaki kanannya nyaris habis akibat terus dihinggapi belatung [baca: Jempol Wagiman Lima Tahun Mengeluarkan Belatung]

Ironisnya, Wagiman tak bisa mengobati penyakit tersebut ke rumah sakit dengan alasan keterbatasan biaya. Agar tak dihinggapi belatung, dia membungkus luka jari jempol yang infeksi dengan menggunakan sobekan kain sarung. Sesekali dia menyiram lukanya dengan minyak tanah dan bensin.

Katijan, tetangga, mengungkapkan, Wagiman sama sekali tak pernah berobat ke rumah sakit maupun puskesmas. Dia sama sekali tak mempunyai biaya, terlebih istrinya juga sedang sakit, mengalami sesak napas.

Akibat sakit yang diderita, Wagiman tidak bisa beraktivitas dan berjalan normal. Untuk makan sehari-hari, ia hanya mengandalkan belas kasihan tetangga serta kerabat. Mereka berharap Pemda setempat mau memperhatikan memberikan pengobatan gratis.

Advertisements
Posted in: berita 4