Buat yang temperamen, ini ada tip ampuh mengatasinya

Posted on December 5, 2010

0


sering kita tidak tahu, kenapa tiba-tiba muncul rasa kesal atau kemudian marah tanpa sebab. hal ini, terkadang juga membingungkan. kalau ada sebab terkadang wajar, tapi kadang kita marah tanpa ada persoalan sebelumnya. mungkin saja itu merupakan sesuatu yang tidak terpecahkan dan kita tidak tahu apa sih penyebabnya. tersimpan dalam otak bawah sadar kita bertahun-tahun sampai kita tidak menyadari dan kemudian ketika ada sesuatu seketika meledak.

nah, bagaimana kalau kemudian ternyata kita termasuk tipe temparemen. mudah disulut oleh api kemarahan. nah , berikut ada cara atau tip sederhana atasinya.

Redakan Amarah dengan Minuman Manis
Mengonsumsi sesendok gula dapat bermanfaat mengendalikan amarah.
MINGGU, 5 DESEMBER 2010, 11:45 WIB

Finalia Kodrati, Lutfi Dwi Puji Astuti

Minuman manis (Mutia Nugraheni/VIVAnews)

VIVAnews – Emosi dan amarah pasti pernah dirasakan oleh setiap orang. Hal ini merupakan perasaan yang alamiah. Tapi tak jarang, kita justru dikuasai amarah hingga tak bisa mengendalikan diri sehingga sering kali timbul pertengkaran hebat dan keinginan untuk memukul.

Jangan sampai hal ini terjadi, karena pada dasarnya perasaan emosi bisa dikendalikan. Banyak orang mengonsumsi cokelat untuk meredam amarah. Namun, ada lagi cara yang lebih sederhana yakni dengan mengonsumsi minuman manis.

Seperti dikutip dari laman Times of India, para peneliti di Amerika Serikat menemukan bahwa mengonsumsi sesendok gula dapat bermanfaat mengendalikan amarah setidaknya untuk waktu jangka pendek.

Penelitian mereka menunjukkan bahwa orang yang minum segelas limun manis dengan gula mengalami perubahan perilaku kurang agresif terhadap orang asing beberapa menit kemudian daripada orang yang mengkonsumsi limun dengan pengganti gula.

Para peneliti percaya bahwa semuanya harus dilakukan dengan glukosa, gula sederhana yang ditemukan dalam aliran darah yang menyediakan energi untuk otak.

“Menghindari impuls agresif bisa mengendalikan diri melakukan tindakan kekerasan, dan untuk mengontrol diri membutuhkan banyak energi yang bisa diperoleh dari glukosa, ” kata Brad Bushman, penulis studi dan profesor komunikasi dan psikologi di Ohio State University.

“Minum limun manis membantu memberikan energi jangka pendek yang diperlukan untuk menghindari melakukan tindak kekerasan seperti memukul orang lain,” ucapnya.

Studi ini muncul secara online dalam jurnal perilaku agresif dan akan diterbitkan dalam edisi cetak di masa depan. (sj)

Karena itu, terkadang masuk akal juga narasi di atas. saya masih ingat kalau ada seseorang tertimpa suatu keadaan sedih, sakit atau perasaan buruk yang tidak diinginkan karena suatu kejadian buruk, biasanya di sekitarnya menawari sesuatu agar minum dulu atau makan dulu. sederhana saja, misalnya setelah mendengar kabar buruk dan kemudian syok, biasanya dibawain air minum   agar kita tenang.

 

 

Advertisements
Posted in: Tips 1